Record Detail
Advanced Search
Text
Naïve Bayes Klasifikasi untuk Rekomendasi Strategi Promosi Tindakan pada Aesthetic Dental Clinic Karawang
Aesthetic Dental Clinic merupakan salah satu perusahaan klinik swasta di Karawang. Untuk tetap mempertahankan pasien lama dan menggaet pasien baru terus berkunjung ke Aesthetic Dental Clinic, perlu diadakannya suatu strategi pemasaran berbentuk promosi. Metode data mining klasifikasi dapat digunakan untuk menentukan strategi promosi guna menarik pelanggan. Algoritma Naïve Bayes dapat digunakan untuk memprediksi minat pelanggan berdasarkan promo yang diberikan oleh Klinik ADC (Aesthetic Dental Clinic). Satu algoritma klasifikasi data mining yang dapat digunakan untuk mendukung strategi promosi yang efektif dan efisien adalah Naïve Bayes. Hasil penelitian ini berupa penerapan algoritma Naïve Bayes dapat memberikan informasi penting seperti hasil prediksi dalam upaya menarik minat pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data pelanggan klinik dari bulan Oktober 2020 - November 2020. Nilai akurasi yang dihasilkan oleh Naïve Bayes dengan menggunakan RapidMiner yaitu sebesar 31,74% dengan nilai Kappa yang dihasilkan yaitu 0,183. Dengan nilai akurasi yang diperoleh, diharapkan dapat membantu untuk mendukung strategi promosi yang berdampak pada efektivitas dan efisiensi promosi dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia., 2021 |
Collation |
005.3
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2548-9771
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly