No image available for this title

Text

Naïve Bayes Klasifikasi untuk Rekomendasi Strategi Promosi Tindakan pada Aesthetic Dental Clinic Karawang



Aesthetic Dental Clinic merupakan salah satu perusahaan klinik swasta di Karawang. Untuk tetap mempertahankan pasien lama dan menggaet pasien baru terus berkunjung ke Aesthetic Dental Clinic, perlu diadakannya suatu strategi pemasaran berbentuk promosi. Metode data mining klasifikasi dapat digunakan untuk menentukan strategi promosi guna menarik pelanggan. Algoritma Naïve Bayes dapat digunakan untuk memprediksi minat pelanggan berdasarkan promo yang diberikan oleh Klinik ADC (Aesthetic Dental Clinic). Satu algoritma klasifikasi data mining yang dapat digunakan untuk mendukung strategi promosi yang efektif dan efisien adalah Naïve Bayes. Hasil penelitian ini berupa penerapan algoritma Naïve Bayes dapat memberikan informasi penting seperti hasil prediksi dalam upaya menarik minat pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data pelanggan klinik dari bulan Oktober 2020 - November 2020. Nilai akurasi yang dihasilkan oleh Naïve Bayes dengan menggunakan RapidMiner yaitu sebesar 31,74% dengan nilai Kappa yang dihasilkan yaitu 0,183. Dengan nilai akurasi yang diperoleh, diharapkan dapat membantu untuk mendukung strategi promosi yang berdampak pada efektivitas dan efisiensi promosi dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Naïve Bayes Klasifikasi untuk Rekomendasi Strategi Promosi Tindakan pada Aesthetic Dental Clinic Karawang
    Aesthetic Dental Clinic merupakan salah satu perusahaan klinik swasta di Karawang. Untuk tetap mempertahankan pasien lama dan menggaet pasien baru terus berkunjung ke Aesthetic Dental Clinic, perlu diadakannya suatu strategi pemasaran berbentuk promosi. Metode data mining klasifikasi dapat digunakan untuk menentukan strategi promosi guna menarik pelanggan. Algoritma Naïve Bayes dapat digunakan untuk memprediksi minat pelanggan berdasarkan promo yang diberikan oleh Klinik ADC (Aesthetic Dental Clinic). Satu algoritma klasifikasi data mining yang dapat digunakan untuk mendukung strategi promosi yang efektif dan efisien adalah Naïve Bayes. Hasil penelitian ini berupa penerapan algoritma Naïve Bayes dapat memberikan informasi penting seperti hasil prediksi dalam upaya menarik minat pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data pelanggan klinik dari bulan Oktober 2020 - November 2020. Nilai akurasi yang dihasilkan oleh Naïve Bayes dengan menggunakan RapidMiner yaitu sebesar 31,74% dengan nilai Kappa yang dihasilkan yaitu 0,183. Dengan nilai akurasi yang diperoleh, diharapkan dapat membantu untuk mendukung strategi promosi yang berdampak pada efektivitas dan efisiensi promosi dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly