No image available for this title

Text

Analisis Sentiment Masyarakat terhadap Kasus Covid-19 pada Media Sosial Youtube dengan Metode Naive bayes



Perkembangan kasus Covid-19 di indonesia terus mengalami kenaikan. dengan terus adanya kenaikan kasus ini menyebabkan kepanikan di tengan masyarakat dengan ada dan tidaknya virus corona ini, di tengah kondisi ini di perlukan pola komunikasi yang efektif dan efisien dalam memberikan edukasi dan informasi tentang virus corona ini contohnya dengan media sosial Youtube. Banyak tangapan masyarakat tentang pemberitaan ini yang di ungkapkan di kolom komentar.oleh karena itu di butuhkan suatu model sentiment analisis untuk megklasifikasikan komentar masyarakat menjadi Positif, Negatif dan netral. Dalam penelitian ini menggunkan metode Naive bayes dalam membangun sodel sentiment analisis tanggapan masyarakat tentang pemberitaan perkembangan kasus Covid-19 di laman Youtube tepatnya di Chanel KompasTV. Di dapatkan tingkat akurasi 74% dengan jumlah komentar Positif 361 , Negatif 800 dan netral 490.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisis Sentiment Masyarakat terhadap Kasus Covid-19 pada Media Sosial Youtube dengan Metode Naive bayes
    Perkembangan kasus Covid-19 di indonesia terus mengalami kenaikan. dengan terus adanya kenaikan kasus ini menyebabkan kepanikan di tengan masyarakat dengan ada dan tidaknya virus corona ini, di tengah kondisi ini di perlukan pola komunikasi yang efektif dan efisien dalam memberikan edukasi dan informasi tentang virus corona ini contohnya dengan media sosial Youtube. Banyak tangapan masyarakat tentang pemberitaan ini yang di ungkapkan di kolom komentar.oleh karena itu di butuhkan suatu model sentiment analisis untuk megklasifikasikan komentar masyarakat menjadi Positif, Negatif dan netral. Dalam penelitian ini menggunkan metode Naive bayes dalam membangun sodel sentiment analisis tanggapan masyarakat tentang pemberitaan perkembangan kasus Covid-19 di laman Youtube tepatnya di Chanel KompasTV. Di dapatkan tingkat akurasi 74% dengan jumlah komentar Positif 361 , Negatif 800 dan netral 490.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly