No image available for this title

Text

Analisi Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Paket Promosi Refarasi Mobil



Bengkel Rizal Motor adalah Usaha bidang jasa dan penjualan suku cadang mobil semakin banyak bengkel yang berkembang pesat pada saat ini menjadikan Bengkel Rizal Motor membuat stategi pemasaran yang lebih baik dari bengkel yang lainnya. Dengan adanya paket promosi akan menarik perhatian para konsumen yang sebelumnya tidak tertarik berbelanja menjadi sangat tertarik karna adanya paket promosi yang tersedia. Untuk menentukan paket promosi pada Bengkel Rizal Motor agar lebih efisien dan tepat sasaran maka penulis menggunakan salah satu cara dengan melihat barang yang paling sering dibeli oleh para konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa data transaksi penjualan untuk dijadikan sebuah paket promosi berdasarkan pola pembelian dari para konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Knowledge Discovey in Database (KDD) Yang terdiri dari tahapan seleksi data pembersihan data, transformasi data, data mining, dan evaluasi. Algoritma pada penelitian ini menggunakan Algoritma Apriori yang melihat dari itemset yang terbentuk, pada penelitian ini menggunakan 4 itemset dengan minimum support 60% dan minimum confidence 90%. Untuk hasil yang diperoleh adalah asosiasi antar produk atau keterhubungan barang, pada penelitian ininilai confidence yang didapatkan sebesar 98,182% yang merupakan nilai confidence terbaik yang terdapat pada 3 itemse.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisi Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Paket Promosi Refarasi Mobil
    Bengkel Rizal Motor adalah Usaha bidang jasa dan penjualan suku cadang mobil semakin banyak bengkel yang berkembang pesat pada saat ini menjadikan Bengkel Rizal Motor membuat stategi pemasaran yang lebih baik dari bengkel yang lainnya. Dengan adanya paket promosi akan menarik perhatian para konsumen yang sebelumnya tidak tertarik berbelanja menjadi sangat tertarik karna adanya paket promosi yang tersedia. Untuk menentukan paket promosi pada Bengkel Rizal Motor agar lebih efisien dan tepat sasaran maka penulis menggunakan salah satu cara dengan melihat barang yang paling sering dibeli oleh para konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa data transaksi penjualan untuk dijadikan sebuah paket promosi berdasarkan pola pembelian dari para konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Knowledge Discovey in Database (KDD) Yang terdiri dari tahapan seleksi data pembersihan data, transformasi data, data mining, dan evaluasi. Algoritma pada penelitian ini menggunakan Algoritma Apriori yang melihat dari itemset yang terbentuk, pada penelitian ini menggunakan 4 itemset dengan minimum support 60% dan minimum confidence 90%. Untuk hasil yang diperoleh adalah asosiasi antar produk atau keterhubungan barang, pada penelitian ininilai confidence yang didapatkan sebesar 98,182% yang merupakan nilai confidence terbaik yang terdapat pada 3 itemse.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly