No image available for this title

Text

PENGATURAN TORSI MOTOR INDUKSI 3 PHASA MENGGUNAKAN DIRECT TORQUE CONTROL



Motor induksi tiga fasa merupakan penggerak yang paling banyak digunakan di industri dikarenakan
konstruksi yang kokoh dan harga yang relatif terjangkau. Akan tetapi terdapat kelemahan sulit
mengontrol torsi dan kecepatan secara dinamis secara terpisah. Karakteristik torsi dan kecepatan dari
motor induksi 3 bersifat couple dan nonlinear. Sehingga sulit untuk dapat mengendalikan torsi dan
kecepatan secara terpisah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut terdapat metode kontrol decouple
yang akan memisahkan kontrol antara torsi dan kecepatan menggunakan DTC (Direct Torque control)
dengan cara mengatur nilai fluks stator sebagai switching sektor selektor. DCT merupakan salah satu
bentuk pengendalian vector control. Metode estimasi least square digunakan untuk peramalan
kecepatan pada motor induksi melalui data pengukuran fluks stator dan fluks rotor yang di regresikan
kedalam bentuk non linier untuk memonitoring laju kecepatan motor. Berdasarkan pengujian
mengunakan simulasi diperoleh hasil, bahwa saat motor induksi diberikan beban torsi berubah
(tracking) respons torsi motor induksi dapat mengikuti perubahan tersebut. Dimana nilai karakteristik
response transient, time constan (τ) 0,082 detik, rise time (TR) 0,242 detik dan settling time (TS) 0,246
detik.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2527–9661
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly