Record Detail
Advanced Search
Text
PEMANFAATAN INSTANT MESSAGING UNTUK APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE TSAQIFA
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Namun, sekitar 54% umat
Muslim belum bisa membaca Al-Qur’an. Banyak remaja dan orang dewasa yang beralasan hal tersebut
dikarenakan tidak memiliki waktu, malu untuk belajar, tidak memiliki guru dan sebagainya. Berdasarkan
permasalahan tersebut, banyak metode-metode dirumuskan untuk membantu masyarakat dalam
belajar membaca Al-Qur’an. Metode Tsaqifa adalah salah satu metode yang diklaim dapat membantu
masyarakat untuk bisa membaca Al-Qur’an hanya dalam waktu 7,5 jam. Namun, seiring dengan
kemajuan teknologi, metode ini mulai dianggap konvensional. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif
baru agar metode-metode pembelajaran tersebut bisa mengikuti kemajuan teknologi. Pemanfaatan
instant messaging saat ini dapat digunakan sebagai media alternatif untuk menerapkan metode
pembelajaran yang ada khususnya metode Tsaqifa sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat
belajar secara mandiri, cepat, mudah dan interaktif. Pada penelitian ini, penerapan metode Tsaqifa
dilakukan dengan mengembangkan sebuah aplikasi chatbot media pembelajaran membaca Al-Qur’an
yang memanfaatkan LINE Messaging API. Aplikasi yang dibangun telah dilakukan pengujian
menggunakan 2 metode yaitu Blackbox Testing dan System Usability Scale (SUS). Pada pengujian
Blackbox Testing, keseluruhan fungsionalitas aplikasi telah dinyatakan berhasil dijalankan dan
berdasarkan hasil pengujian System Usability Scale (SUS), didapatkan skor rata-rata 73,3 dari 20 orang
responden yang berarti aplikasi dapat diterima oleh pengguna (acceptable).
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | SINTECH (Science and Information Technology) : Indonesia., 2019 |
Collation |
12
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2598-7305
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly