No image available for this title

Text

Implementasi Data Science dalam Ritel Online: Analisis Customer Retention dan Clustering Customer dengan Metode K-Means



Data mengenai transaksi penjualan dan pembelian yang berjumlah sangat besar tersimpan secara elektronik dalam database perusahaan. Data ini apabila dibiarkan begitu saja maka tidak akan memberikan dampak apa-apa. Belakangan ini banyak perusahaan memberikan harga promo yang kepada customer dengan tujuan untuk menarik customer. Namun apakah keputusan tersebut tepat untuk diambil, tanpa mengetahui pertumbuhan penjualan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Performa penjualahan yang telah dicatat setiap tahunnya dalam database transaksi penjualan. Pada penelitian ini akan membahas mengenail implemetasikan data science terhadap suatu perusahaan ritel untuk menganalisis performa penjualan menggunakan metode cohort analytics untuk menghitung customer retention dan melakukan clustering customer menggunakan model K-Means. Dari hasil eksperimen yang dilakukan dapat diketahui bahwa perusahaan mengalami pertumbuhan sebesar 37,4 %, dilihat dari Analisa customer retention dan volume penjualan perbulan dalam kurun waktu satu tahun. Terdapat 3 pengelompokan yang dihasilkan yaitu ID 0, 1 dan 2. Customer dengan cluster label 2 adalah customer yang paling tinggi jumlah transaksinya dibandingkan kelompok lain.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Implementasi Data Science dalam Ritel Online: Analisis Customer Retention dan Clustering Customer dengan Metode K-Means
    Data mengenai transaksi penjualan dan pembelian yang berjumlah sangat besar tersimpan secara elektronik dalam database perusahaan. Data ini apabila dibiarkan begitu saja maka tidak akan memberikan dampak apa-apa. Belakangan ini banyak perusahaan memberikan harga promo yang kepada customer dengan tujuan untuk menarik customer. Namun apakah keputusan tersebut tepat untuk diambil, tanpa mengetahui pertumbuhan penjualan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Performa penjualahan yang telah dicatat setiap tahunnya dalam database transaksi penjualan. Pada penelitian ini akan membahas mengenail implemetasikan data science terhadap suatu perusahaan ritel untuk menganalisis performa penjualan menggunakan metode cohort analytics untuk menghitung customer retention dan melakukan clustering customer menggunakan model K-Means. Dari hasil eksperimen yang dilakukan dapat diketahui bahwa perusahaan mengalami pertumbuhan sebesar 37,4 %, dilihat dari Analisa customer retention dan volume penjualan perbulan dalam kurun waktu satu tahun. Terdapat 3 pengelompokan yang dihasilkan yaitu ID 0, 1 dan 2. Customer dengan cluster label 2 adalah customer yang paling tinggi jumlah transaksinya dibandingkan kelompok lain.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly