Record Detail
Advanced Search
Text
Implementasi Data Science dalam Ritel Online: Analisis Customer Retention dan Clustering Customer dengan Metode K-Means
Data mengenai transaksi penjualan dan pembelian yang berjumlah sangat besar tersimpan secara elektronik dalam database perusahaan. Data ini apabila dibiarkan begitu saja maka tidak akan memberikan dampak apa-apa. Belakangan ini banyak perusahaan memberikan harga promo yang kepada customer dengan tujuan untuk menarik customer. Namun apakah keputusan tersebut tepat untuk diambil, tanpa mengetahui pertumbuhan penjualan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Performa penjualahan yang telah dicatat setiap tahunnya dalam database transaksi penjualan. Pada penelitian ini akan membahas mengenail implemetasikan data science terhadap suatu perusahaan ritel untuk menganalisis performa penjualan menggunakan metode cohort analytics untuk menghitung customer retention dan melakukan clustering customer menggunakan model K-Means. Dari hasil eksperimen yang dilakukan dapat diketahui bahwa perusahaan mengalami pertumbuhan sebesar 37,4 %, dilihat dari Analisa customer retention dan volume penjualan perbulan dalam kurun waktu satu tahun. Terdapat 3 pengelompokan yang dihasilkan yaitu ID 0, 1 dan 2. Customer dengan cluster label 2 adalah customer yang paling tinggi jumlah transaksinya dibandingkan kelompok lain.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia., 2021 |
Collation |
006.3
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2548-9771
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly