Record Detail
Advanced Search
Text
Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Classification and Regression Tree (CART)
Kepuasan pelanggan pada suatu teknologi aplikasi memiliki pengaruh terhadap nilai pada aplikasi teknologi informasi. Metode use questionnaire digunakan untuk mengukur usability aplikasi teknologi informasi melalui aspek usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Net Promoter Scale merupakan salah satu alat ukur yang banyak digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan pada suatu organisasi. Permasalahan yang sering terjadi adalah pada saat organisasi melakukan pengukuran NPS, belum diketahui factor yang mempengaruhi nilai NPS secara signifikan. Aplikasi e-boarding yang dikembangkan oleh PT Kereta Api Indonesia merupakan aplikasi yang sangat membantu penumpang kereta api pada saat boarding. Namun kemudahan tersebut belum banyak dimanfaatkan oleh para penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api. PT Kereta Api Indonesia Persero perlu mengetahui nilai NPS aplikasi e-boarding sebagai salah satu alat ukur kepuasan pelanggan terhadap aplikasi teknologi informasi yang dikembangkan. Metode klasifikasi menggunakan Classification and Regression Tree (CART) dilakukan untuk melakukan identifikasi keterkaitan antara aspek pengukuran usability e-boarding menggunakan use questionnaire terhadap nilai akhir NPS. Tujuan kalsifikasi ini dilakukan untuk mengetahui factor yang mempengaruhi aspek usability terhadap nilai NPS di aplikasi e-boarding KAI Access. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa aplikasi e-boarding memiliki nilai NPS 42% atau bernilai GOOD. Semakin banyak pelanggan yang memiliki perilaku sebagai Promoters, maka nilai NPS akan semakin tinggi. Klasifikasi CART yang telah dilakukan menunjukkan bahwa untuk menjadi seorang Promoters maka aplikasi e-boarding harus memiliki nilai ease of learning dan satisfaction yang tinggi.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia., 2021 |
Collation |
006.3
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2548-9771
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly