No image available for this title

Text

Analisis Pola Nilai Akademik Siswa Ma Dengan Non-Boarding Di Pondok Pesantren Tradisional Dengan Menggunakan Formal Concept Analysis



Berhasil tidaknya tujuan pembelajaran dalam proses belajar banyak dipengaruhi oleh bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa. Salah satu keberhasilan siswa dalam pendidikan ditunjukkan dengan prestasi akademiknya. Hasil evaluasi dari suatu proses belajar biasanya dinyatakan dalam bentuk kuantitatif (angka) yang sering diterapkan dalam mengevaluasi nilai pelajaran ataupun nilai. Penelitian ini berfokus pada analisis nilai akademik mata pelajaran umum dan keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Non-Boarding Kelas IX. Konsep analisis Formal Concept Analysis (FCA) digunakan sebagai metode analisis data karena mampu merepresentasikan sebuah data dan memodelkannya ke dalam obyek dan atribut. Dalam penelitian ini metode FCA digunakan untuk dapat menganalisis keunggulan akademik siswa-siswa disekolah madrasah boarding pada mata pelajaran umum ataupun mata pelajaran keagamaan. Tujuan Penelitian adalah untuk Mengetahui pola kerbarhasilan nilai akademik siswa serta menentukan model siswa berprestasi secara akademik khusus untuk mata pelajaran umum. Hasil analisis yang dilakukan pada nilai akademik 200 siswa Madrasah Aliyah Non-Boarding Kelas IX pada mata pelajaran umum dan keagamaan dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa memiliki nilai yang baik dan cukup baik ada mata pelajaran umum juga memiliki nilai yang baik dan cukup baik pada mata pelajaran keagamaan.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisis Pola Nilai Akademik Siswa Ma Dengan Non-Boarding Di Pondok Pesantren Tradisional Dengan Menggunakan Formal Concept Analysis
    Berhasil tidaknya tujuan pembelajaran dalam proses belajar banyak dipengaruhi oleh bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa. Salah satu keberhasilan siswa dalam pendidikan ditunjukkan dengan prestasi akademiknya. Hasil evaluasi dari suatu proses belajar biasanya dinyatakan dalam bentuk kuantitatif (angka) yang sering diterapkan dalam mengevaluasi nilai pelajaran ataupun nilai. Penelitian ini berfokus pada analisis nilai akademik mata pelajaran umum dan keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Non-Boarding Kelas IX. Konsep analisis Formal Concept Analysis (FCA) digunakan sebagai metode analisis data karena mampu merepresentasikan sebuah data dan memodelkannya ke dalam obyek dan atribut. Dalam penelitian ini metode FCA digunakan untuk dapat menganalisis keunggulan akademik siswa-siswa disekolah madrasah boarding pada mata pelajaran umum ataupun mata pelajaran keagamaan. Tujuan Penelitian adalah untuk Mengetahui pola kerbarhasilan nilai akademik siswa serta menentukan model siswa berprestasi secara akademik khusus untuk mata pelajaran umum. Hasil analisis yang dilakukan pada nilai akademik 200 siswa Madrasah Aliyah Non-Boarding Kelas IX pada mata pelajaran umum dan keagamaan dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa memiliki nilai yang baik dan cukup baik ada mata pelajaran umum juga memiliki nilai yang baik dan cukup baik pada mata pelajaran keagamaan.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly