No image available for this title

Text

Pengembangan Sistem Informasi Penunjang Pelayanan Hotel (Studi Kasus: Hotel XYZ)



Hotel adalah bangunan yang menyediakan pelayanan penginapan, resto, dan pelayanan lain yang bersifat komersil untuk pengunjung. Penggunaan kegiatan hotel yang masih manual tentu akan berpengaruh pada keefektifan pelayanan prima pada manajemen hotel. Dukungan teknologi komputer bisa menjadi solusi dalam mengoptimalkan kegiatan administratif, meningkatkan kekuatan informasi, dan pengambilan keputusan. Hotel XYZ sebagai salah satu yang masih menggunakan sistem transaksi yang manual. Maka perlu pengintegrasian tiap data trannsaksi menggunakan database yang saling berelasi. Langkah dalam pengembangan sistem Informasi perlu menjadi perhatian dalam meningkatkan pelayanan tiap hotel. Teknik dengan pengumpulan data sampai menghasilkan studi pustaka menjadi langkah yang tepat untuk menganalisa sistem lama sedang berjalan guna pengembangan sistem yang diharapkan. Hasil tersebut akan berpengaruh pada rancangan desain sistem untuk basis data agar saling berelasi dan antar muka yang mudah dipahami pengguna sehingga memudahkan proses implementasi sistem. Setelah dilakukan penelitian menghasilkan pengujian blackbox testing dengan nilai 100% dengan hasil yang sesuai diharapkan. Perbandingan sistem lama dapat menggantikan Microsoft Excel dengan database saling berelasi menyajikan laporan dalam bentuk cetak dan dapat memenuhi tingkat kepuasan pengguna dengan nilai 95,3% dari hasil kuesioner dari 5 responden terlibat.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Pengembangan Sistem Informasi Penunjang Pelayanan Hotel (Studi Kasus: Hotel XYZ)
    Hotel adalah bangunan yang menyediakan pelayanan penginapan, resto, dan pelayanan lain yang bersifat komersil untuk pengunjung. Penggunaan kegiatan hotel yang masih manual tentu akan berpengaruh pada keefektifan pelayanan prima pada manajemen hotel. Dukungan teknologi komputer bisa menjadi solusi dalam mengoptimalkan kegiatan administratif, meningkatkan kekuatan informasi, dan pengambilan keputusan. Hotel XYZ sebagai salah satu yang masih menggunakan sistem transaksi yang manual. Maka perlu pengintegrasian tiap data trannsaksi menggunakan database yang saling berelasi. Langkah dalam pengembangan sistem Informasi perlu menjadi perhatian dalam meningkatkan pelayanan tiap hotel. Teknik dengan pengumpulan data sampai menghasilkan studi pustaka menjadi langkah yang tepat untuk menganalisa sistem lama sedang berjalan guna pengembangan sistem yang diharapkan. Hasil tersebut akan berpengaruh pada rancangan desain sistem untuk basis data agar saling berelasi dan antar muka yang mudah dipahami pengguna sehingga memudahkan proses implementasi sistem. Setelah dilakukan penelitian menghasilkan pengujian blackbox testing dengan nilai 100% dengan hasil yang sesuai diharapkan. Perbandingan sistem lama dapat menggantikan Microsoft Excel dengan database saling berelasi menyajikan laporan dalam bentuk cetak dan dapat memenuhi tingkat kepuasan pengguna dengan nilai 95,3% dari hasil kuesioner dari 5 responden terlibat.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly