No image available for this title

Text

Klasifikasi Penanganan Keluhan Masyarakat Kota Probolinggo Menggunakan Algoritma Naive Bayes



Penanganan keluhan/ pengaduan masyarakat Kota Probolinggo yang terkenal dengan “Laporo Rek” masih memerlukan waktu yang lama untuk memberikan laporan tentang keluhan masyarakat kepada dinas terkait dikarenakan admin pada dinas terkait terkadang tidak paham harus kemana keluhan masyarakat tersebut diberikan. Dengan adanya penelitian tentang teks mining untuk klasifikasi keluhan masyarakat dengan algoritma naïve bayes dapat membantu admin dalam memecahkan persoalan diatas, sehingga waktu untuk menjawab keluhan masyarakat tersebut menjadi lebih efektif dan efisien. Pengolahan data keluhan masyarakat ini melalui beberapa tahapan teks mining yaitu token, filter, stemming dan analyzing. Setelah melalui tahapan praproses, data tersebut akan dilakukan klasifikasi menggunakan algoritma Naïve Bayes, hasil perhitungan tersebut yang nantinya akan menunjukkan hasil kelas dari setiap data keluhan masyarakat yang masuk baik melalui telepon, sms. Penelitian ini menghasikan tingkat akurasi mencapai 95%, sehingga dapat mengklasifikasikan keluhan masyarakat tiap-tiap instansi di pemerintah Kota Probolinggo.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Klasifikasi Penanganan Keluhan Masyarakat Kota Probolinggo Menggunakan Algoritma Naive Bayes
    Penanganan keluhan/ pengaduan masyarakat Kota Probolinggo yang terkenal dengan “Laporo Rek” masih memerlukan waktu yang lama untuk memberikan laporan tentang keluhan masyarakat kepada dinas terkait dikarenakan admin pada dinas terkait terkadang tidak paham harus kemana keluhan masyarakat tersebut diberikan. Dengan adanya penelitian tentang teks mining untuk klasifikasi keluhan masyarakat dengan algoritma naïve bayes dapat membantu admin dalam memecahkan persoalan diatas, sehingga waktu untuk menjawab keluhan masyarakat tersebut menjadi lebih efektif dan efisien. Pengolahan data keluhan masyarakat ini melalui beberapa tahapan teks mining yaitu token, filter, stemming dan analyzing. Setelah melalui tahapan praproses, data tersebut akan dilakukan klasifikasi menggunakan algoritma Naïve Bayes, hasil perhitungan tersebut yang nantinya akan menunjukkan hasil kelas dari setiap data keluhan masyarakat yang masuk baik melalui telepon, sms. Penelitian ini menghasikan tingkat akurasi mencapai 95%, sehingga dapat mengklasifikasikan keluhan masyarakat tiap-tiap instansi di pemerintah Kota Probolinggo.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly