No image available for this title

Text

Algoritma Naïve Bayes Classifier Untuk Analisis Sentiment Pengguna Twitter Terhadap Provider By.u



Perkembangan internet yang meningkat beberapa tahun terakhir menyebabkan orang-orang dengan mudah untuk memberikan opininya terhadap sesuatu produk. By.u sebagai produk baru penyedia layanan internet membuat banyak user barunya saling memberikan opini. Banyak user by.u memberikan opininya melalui media sosial khususnya twitter. Dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian menggunakan analisis sentimen. Tahapan penelitian terdiri dari pengumpulan data dari media sosial twitter, preprocessing data, pembobotan data TF-IDF dan klasifikasi menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier. Untuk mendapatkan evaluasi hasil yang terbaik, maka dilakukan perbandingan data latih dan data uji. Klasifikasi data dilakukan dengan cara otomatis setelah pembersihan data dalam proses preprocessing. Label data hasil klasifikasi otomatis ada 2, yaitu positif dan negatif. Dataset setelah klasifikasi akan digunakan sebagai data latih dan data uji. Dataset yang akan diujikan dibedakan menjadi 3 jumlah, yaitu jumlah 1000 dataset, 2000 dataset, dan 3000 dataset. Pengujian dilakukan sebanyak 3 kali untuk setiap dataset. Pengujian akurasi dilakukan menggunakan confusion matrix. Hasil pengujian dengan akurasi tertinggi diperoleh classifier nave Bayes dengan model multinomial 85%.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly