No image available for this title

Text

Aplikasi Customer Relathionship Management Untuk Klasifikasi Pelanggan Menggunakan Algoritma C4.5



Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) merupakan usaha jasa yang banyak berkembang di Indonesia, banyaknya pesaing yang ada sangat berpengaruh terhadap jumlah pelanggan yang menggunakan jasa bimbingan tersebut, sehingga diperlukan strategi tertentu untuk dapat menarik pelanggan baru ataupun mempertahankan pelanggan lama. Untuk menseleksi pelanggan yang layak mendapatkan paket promo yang disediakan LBB, maka dibutuhkan satu aplikasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan klasfikasi mana pelanggan yang layak atau tidak untuk mendapatkan promo tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diusulkan untuk membangun suatu aplikasi customer relationship management dengan implementasi algoritma C4.5 yang memiliki fungsi klasifikasi pada metode data mining. Berdasarkan analisa, pengolahan data, serta pengujiam yang telah dilakukan; diperoleh kesimpulan bahwa implementasi algoritma C4.5 ini cocok digunakan pada studi kasus yang diambil dengan nilai rata-rata akurasi sebesar 86%. Selain itu diperoleh juga kesimpulan bahwa semakin banyak data yang digunakan pada proses training berpengaruh terhadap tingkat akurasi sistem, hal ini dibuktikan dari dua pengujian dengan menggunakan jumlah data training yang berbeda.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly