No image available for this title

Text

Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Oli Mobil Berbasis Sistem Pencarian Aturan Asosiasi



Teknik data mining yang digunakan untuk merancang strategi penjualan atau pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersedia di perusahaan.Permasalahan di perusahaan terdapat banyak data transaksi yang terjadi tidak ketahui sehingga menimbulkan penumpukan data tidak diketahui penjualan terbanyak pada tiap bulan & tahunnya, tidak diketahui merk oli mobil yang sering terjual atau diminati pelanggan. Sehingga Pencarian asosiasi ini menggunakan algoritma apriori sebagai tempat penyimpanan data menggunakan teknik pengenalan pola seperti teknik static dan matematika Dari suatu himpunan hubungan (asosiasi) antar item yang didapat, diharapkan yang dapat membantu pengembang dalam merancang strategi pemasaran barang di perusahaannya. Hasil pengujian perhitungan meggunakan Software tanagra dan yang telah dibuat ditemukan produk merk oli yang paling banyak terjual jika membeli Shell Hx7, maka akan membeli Toyota Motor Oil dengan support 50% dan confidance 66,7%, Jika membeli Toyota Motor Oil,maka akan membeli Shell Hx 7 dengan support 50% dan confidance 85,7%.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Oli Mobil Berbasis Sistem Pencarian Aturan Asosiasi
    Teknik data mining yang digunakan untuk merancang strategi penjualan atau pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersedia di perusahaan.Permasalahan di perusahaan terdapat banyak data transaksi yang terjadi tidak ketahui sehingga menimbulkan penumpukan data tidak diketahui penjualan terbanyak pada tiap bulan & tahunnya, tidak diketahui merk oli mobil yang sering terjual atau diminati pelanggan. Sehingga Pencarian asosiasi ini menggunakan algoritma apriori sebagai tempat penyimpanan data menggunakan teknik pengenalan pola seperti teknik static dan matematika Dari suatu himpunan hubungan (asosiasi) antar item yang didapat, diharapkan yang dapat membantu pengembang dalam merancang strategi pemasaran barang di perusahaannya. Hasil pengujian perhitungan meggunakan Software tanagra dan yang telah dibuat ditemukan produk merk oli yang paling banyak terjual jika membeli Shell Hx7, maka akan membeli Toyota Motor Oil dengan support 50% dan confidance 66,7%, Jika membeli Toyota Motor Oil,maka akan membeli Shell Hx 7 dengan support 50% dan confidance 85,7%.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly