Record Detail
Advanced Search
Text
Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Oli Mobil Berbasis Sistem Pencarian Aturan Asosiasi
Teknik data mining yang digunakan untuk merancang strategi penjualan atau pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersedia di perusahaan.Permasalahan di perusahaan terdapat banyak data transaksi yang terjadi tidak ketahui sehingga menimbulkan penumpukan data tidak diketahui penjualan terbanyak pada tiap bulan & tahunnya, tidak diketahui merk oli mobil yang sering terjual atau diminati pelanggan. Sehingga Pencarian asosiasi ini menggunakan algoritma apriori sebagai tempat penyimpanan data menggunakan teknik pengenalan pola seperti teknik static dan matematika Dari suatu himpunan hubungan (asosiasi) antar item yang didapat, diharapkan yang dapat membantu pengembang dalam merancang strategi pemasaran barang di perusahaannya. Hasil pengujian perhitungan meggunakan Software tanagra dan yang telah dibuat ditemukan produk merk oli yang paling banyak terjual jika membeli Shell Hx7, maka akan membeli Toyota Motor Oil dengan support 50% dan confidance 66,7%, Jika membeli Toyota Motor Oil,maka akan membeli Shell Hx 7 dengan support 50% dan confidance 85,7%.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia., 2019 |
Collation |
006.3
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2548-9771
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly