No image available for this title

Text

Pengelompokkan Data Pembelian Tinta Dengan Menggunakan Metode K-Means



Perusahaan PT. Mayer Indah Indonesia bergerak dibidang produksi barang, dimana bagian yang paling sangat penting untuk menyiapkan kebutuhan untuk keperluan produksi adalah bagian pembelian, tetapi dibagian pembelian mengalami kesulitan untuk menentukan barang mana yang harus dibeli banyak, sedang dan sedikit dalam memenuhi kebutuhan permintaan dari setiap bagian dikarenakan kebutuhan barang untuk produksi sangat tidak bisa diprediksi, akhirnya menyebabkan beberapa permintaan barang tidak terpenuhi dikarenakan persediaan barang habis. Untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami bagian pembelian digunakan datamining dengan algoritma clustering yaitu metode k-means, dimana tahapan awalnya menentukan centroid secara acak dan melakukan perhitungan iterasi pertama serta menentukan centroid baru dari iterasi pertama, selanjutnya dilakukan perhitungan iterasi kedua, dikarenakan hasil iterasinya pertama dan kedua pada tata letak jarak yang paling kecil pada tiga pengelompokkan sama, maka perhitungan berhenti. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan data pembelian tinta yang dilihat dari tiga attribut barang yang masuk, barang yang dibeli dan stok barang, sehingga memudahkan dan membantu bagian pembelian dalam mengelompokkan barang yang harus dibeli banyak, sedang dan sedikit.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Pengelompokkan Data Pembelian Tinta Dengan Menggunakan Metode K-Means
    Perusahaan PT. Mayer Indah Indonesia bergerak dibidang produksi barang, dimana bagian yang paling sangat penting untuk menyiapkan kebutuhan untuk keperluan produksi adalah bagian pembelian, tetapi dibagian pembelian mengalami kesulitan untuk menentukan barang mana yang harus dibeli banyak, sedang dan sedikit dalam memenuhi kebutuhan permintaan dari setiap bagian dikarenakan kebutuhan barang untuk produksi sangat tidak bisa diprediksi, akhirnya menyebabkan beberapa permintaan barang tidak terpenuhi dikarenakan persediaan barang habis. Untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami bagian pembelian digunakan datamining dengan algoritma clustering yaitu metode k-means, dimana tahapan awalnya menentukan centroid secara acak dan melakukan perhitungan iterasi pertama serta menentukan centroid baru dari iterasi pertama, selanjutnya dilakukan perhitungan iterasi kedua, dikarenakan hasil iterasinya pertama dan kedua pada tata letak jarak yang paling kecil pada tiga pengelompokkan sama, maka perhitungan berhenti. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan data pembelian tinta yang dilihat dari tiga attribut barang yang masuk, barang yang dibeli dan stok barang, sehingga memudahkan dan membantu bagian pembelian dalam mengelompokkan barang yang harus dibeli banyak, sedang dan sedikit.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly