No image available for this title

Text

IMPLEMENTASI ALGORITMA C 4.5 DAN ALGORITMA ID3 UNTUK MENGANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN BENGKEL KENDARAAN BERMOTOR



Pertumbuhan bisnis jasa perbaikan kendaraan bermotor merupakan bisnis yang dapat dikatakan memiliki pertumbuhan yang sangat tinggi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang ada di negara ini. Kepuasan pelanggan dalam sebuah bisnis merupakan hal yang penting dikarenakan kepuasan dari pelanggan yang akan memajukan suatu bisnis. Dalam penelitian ini hasil survey kepuasaan konsumen di bengkel kendaraan bermotor tersebut dianalisis mengggunakan metode klasifikasi dengan algoritma C4.5 dan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3). Hasil dari Algoritma C4.5 dan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) pelanggan sudah merasa puas pada atribut reliabilitas (keandalan), assurance (jaminan), dan responsiveness (daya tanggap), sedangkan atribut yang kurang adalah tangible (bukti fisik). Algoritma C 4.5 dan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) dapat digunakan untuk mencari tingkat kepuasan pelanggan dengan nilai baik, cukup, dan kurang. Dari hasil perhitungan dua metode yaitu metode algoritma c 4.5 dan algoritma ID3 mendapatkan hasil pohon keputusan yang sama, meskipun rumus dari dua metode berbeda. Sedangkan perbaikan yang disarankan dari hasil penelitian ini adalah perbaikan pada atribut tangible (bukti fisik).


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2477-5126
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly