No image available for this title

Text

Aplikasi 3D Mapping Menggunakan Virtual Reality (Studi Kasus Museum Sang Nila Utama)



Museum Sang Nila Utama merupakan museum budaya yang mempunyai 3.819 koleksi yang meliputi geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numistika, filologika, keramologika, seni rupa dan teknologika. Museum ini sebagai salah pusat budaya dan pariwisata Melayu Riau. Pengunjung biasanya dari sekolah dan wisatawan lokal.Saat ini kunjungan museum menurun, disebabkan kurangnya layanan museum dan belum adanya strategi kreatif untuk meningkatkannya. Ditambah lagi adanya pemikiran bahwa museum sifatnya kuno, membosankan dan kurang terawat. Untuk menyelesaikan masalah itu, diperlukan media promosi dalam bentuk media kreatif berbasis teknologi. Disamping itu masih kurangnya media promosi dalam pengenalan benda-benda budaya museum. Salah satu caranya diperlukan media aplikasi interaktif dan promosi berbasis teknologi. Aplikasi sebagai media promosi berbasis Mobile dengan objek 3D Virtual Reality menggambarkan isi museum dengan berbagai koleksinya. Aplikasi ini menggunakan metode penelitian kerangka konseptual aplikasi melalui proses modelling, VR, Mobile dan pengguna. Aplikasi ini dibuat modelling dengan menggunakan Blender lalu diolah kembali VR nya menggunakan Unity Engine.Dengan adanya aplikasi ini akan menambah minat masyarakat dan meningkatkan kunjungan ke museum. Dengan menjadikan Museum sebagai salah satu destinasi wisata dan budaya Melayu Riau akan mendatangkan banyak wisatawan regional dan mancanegara. Ini juga mendukung kelender event pariwisata nasional dari Provinsi Riau dengan tagline “ Riau Menyapa Dunia”. Dengan berbagai destinasi dengan berbagai basis mulai dari budaya, sejarah, religi dan kuliner khas Riau.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Aplikasi 3D Mapping Menggunakan Virtual Reality (Studi Kasus Museum Sang Nila Utama)
    Museum Sang Nila Utama merupakan museum budaya yang mempunyai 3.819 koleksi yang meliputi geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numistika, filologika, keramologika, seni rupa dan teknologika. Museum ini sebagai salah pusat budaya dan pariwisata Melayu Riau. Pengunjung biasanya dari sekolah dan wisatawan lokal.Saat ini kunjungan museum menurun, disebabkan kurangnya layanan museum dan belum adanya strategi kreatif untuk meningkatkannya. Ditambah lagi adanya pemikiran bahwa museum sifatnya kuno, membosankan dan kurang terawat. Untuk menyelesaikan masalah itu, diperlukan media promosi dalam bentuk media kreatif berbasis teknologi. Disamping itu masih kurangnya media promosi dalam pengenalan benda-benda budaya museum. Salah satu caranya diperlukan media aplikasi interaktif dan promosi berbasis teknologi. Aplikasi sebagai media promosi berbasis Mobile dengan objek 3D Virtual Reality menggambarkan isi museum dengan berbagai koleksinya. Aplikasi ini menggunakan metode penelitian kerangka konseptual aplikasi melalui proses modelling, VR, Mobile dan pengguna. Aplikasi ini dibuat modelling dengan menggunakan Blender lalu diolah kembali VR nya menggunakan Unity Engine.Dengan adanya aplikasi ini akan menambah minat masyarakat dan meningkatkan kunjungan ke museum. Dengan menjadikan Museum sebagai salah satu destinasi wisata dan budaya Melayu Riau akan mendatangkan banyak wisatawan regional dan mancanegara. Ini juga mendukung kelender event pariwisata nasional dari Provinsi Riau dengan tagline “ Riau Menyapa Dunia”. Dengan berbagai destinasi dengan berbagai basis mulai dari budaya, sejarah, religi dan kuliner khas Riau.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly