No image available for this title

Text

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 064997 KECAMATAN MEDAN LABUHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK



Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (2) Mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap pembelajaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 064997 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran matematika realistic dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, untuk klasikal kelas meningkat dari 68,71% pada siklus I menjadi 72,96% pada siklus II serta 80,99% pada siklus III, (2) penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan tercapainya (i) ketuntasan klasikal sebesar 88,89% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 85%,(ii) ketuntasan tujuan pembelajaran pada siklus III mencapai 88,88% siswa yang mencapai ketuntasan tujuan pembelajaran 75% untuk setiap individu, (iii) persentase aktivitas siswa kategori baik sebesar 77,78% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 83,33% pada siklus III, untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 82,05% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, (iv) waktu yang efisien, dimana penerapan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan waktu pada RPP (v) respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik dikategorikan sangat baik, untuk skor angket respon siswa sebesar 81,25% pada siklus III.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 064997 KECAMATAN MEDAN LABUHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (2) Mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap pembelajaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 064997 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran matematika realistic dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, untuk klasikal kelas meningkat dari 68,71% pada siklus I menjadi 72,96% pada siklus II serta 80,99% pada siklus III, (2) penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan tercapainya (i) ketuntasan klasikal sebesar 88,89% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 85%,(ii) ketuntasan tujuan pembelajaran pada siklus III mencapai 88,88% siswa yang mencapai ketuntasan tujuan pembelajaran 75% untuk setiap individu, (iii) persentase aktivitas siswa kategori baik sebesar 77,78% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 83,33% pada siklus III, untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 82,05% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, (iv) waktu yang efisien, dimana penerapan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan waktu pada RPP (v) respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik dikategorikan sangat baik, untuk skor angket respon siswa sebesar 81,25% pada siklus III.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly