No image available for this title

Text

Penerapan Intelligence System berbasis Case Base Reasioning dan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Identifikasi Gangguan IT Support



Keterlambatan dalam menangani dan menyelesaikan permasalahan IT baik hardware/software sangat berdampak terhadap proses bisnis perusahaan. Terkadang, personel IT helpdesk masih kesulitan dalam mencari solusi serta mengambil keputusan untuk dapat menyelesaikan permasalahan IT. Hal ini dikarenakan saat ini belum terdapat sebuah sistem yang dapat membantu personel IT Helpdesk dalam mencari solusi untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi secara cepat dan akurat. Ketika akan mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi belum bisa menampilkan solusi yang sesuai ataupun yang mendekati dari historical data yang sudah ada. Didalam mengidentifikasi permasalahan IT, penulis menggunakan penalaran berbasis kasus atau Case-Based Reasoning (CBR) dengan melakukan proses pencarian kasus yang memiliki kedekatan paling tinggi dan pengukuran kedekatan dengan menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor (k-NN). Penelitian ini bertujuan memaparkan penerapan Case-Based Reasioning (CBR) dan Algoritma K-Nearest Neighbor (k-NN) untuk identifikasi gangguan permasalahan IT. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Case-Based Reasioning dan Algoritma K-Nearest Neighbor (k-NN) setelah diujikan oleh 5 orang Pakar mendapatkan hasil yang akurat.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2477-5126
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly