No image available for this title

Text

Penerapan Articial Intelligence sebagai Stimulus Niat Beli Konsumen dalam Pemasaran Media Sosial



Artificial intelligence menjadi sebuah teknologi yang banyak dikembangkan oleh perusahaan saat ini. Dalam bidang pemasaran digital, kehadiran artificial intelligence menawarkan efisiensi pemasaran produk bagi pelaku usaha. Selain itu, kehadiran teknologi ini juga merubah perilaku dari pengguna media sosial dalam pengalaman berbelanja online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku pengguna media sosial saat berbelanja online dengan memanfaatkan kehadiran dari artificial intelligence terutama berkaitan dengan minat beli konsumen. Mengingat artificial intelligence mampu memaksimalkan secara efisien interaksi antara pengguna dengan suatu merek. Metode linier berganda digunakan dalam penelitian ini dengan artificial intelligence yang dipresentasikan melalui akurasi pengalaman dan pengalaman interaktif dan nilai utilitarian sebagai variabel mediasi yang mendorong niat beli konsumen. Akurasi pengalaman dan pengalaman interaktif dalam memanfaatkan artificial intelligence dalam media sosial memberikan pengaruh signifikan secara langsung maupun tidak lansung terhadap niat beli konsumen. Namun, persepsi nilai utilitarian mampu mendorong beli konsumen yang lebih baik dibandingkan pengalaman penerapan artificial intelligence secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keakuratan dan interaksi artificial intelligence pada media sosial mampu mendorong pembentukan niat beli konsumen. Namun, kehadiran artificial intelligence tidak memberikan pengaruh yang besar secara langsung dalam keputusan pembelian, diperlukan nilai persepsi untuk memberikan dampak lebih pada keputusan pembelian suatu produk oleh konsumen.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2964-2132
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Penerapan Articial Intelligence sebagai Stimulus Niat Beli Konsumen dalam Pemasaran Media Sosial
    Artificial intelligence menjadi sebuah teknologi yang banyak dikembangkan oleh perusahaan saat ini. Dalam bidang pemasaran digital, kehadiran artificial intelligence menawarkan efisiensi pemasaran produk bagi pelaku usaha. Selain itu, kehadiran teknologi ini juga merubah perilaku dari pengguna media sosial dalam pengalaman berbelanja online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku pengguna media sosial saat berbelanja online dengan memanfaatkan kehadiran dari artificial intelligence terutama berkaitan dengan minat beli konsumen. Mengingat artificial intelligence mampu memaksimalkan secara efisien interaksi antara pengguna dengan suatu merek. Metode linier berganda digunakan dalam penelitian ini dengan artificial intelligence yang dipresentasikan melalui akurasi pengalaman dan pengalaman interaktif dan nilai utilitarian sebagai variabel mediasi yang mendorong niat beli konsumen. Akurasi pengalaman dan pengalaman interaktif dalam memanfaatkan artificial intelligence dalam media sosial memberikan pengaruh signifikan secara langsung maupun tidak lansung terhadap niat beli konsumen. Namun, persepsi nilai utilitarian mampu mendorong beli konsumen yang lebih baik dibandingkan pengalaman penerapan artificial intelligence secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keakuratan dan interaksi artificial intelligence pada media sosial mampu mendorong pembentukan niat beli konsumen. Namun, kehadiran artificial intelligence tidak memberikan pengaruh yang besar secara langsung dalam keputusan pembelian, diperlukan nilai persepsi untuk memberikan dampak lebih pada keputusan pembelian suatu produk oleh konsumen.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly