No image available for this title

Text

Analisis Multidimensi Pada Perkuliahan Untuk Memperbaiki Pencapaian CLO Mahasiswa Tingkat 4



Pada penelitain ini, proses pembelajaran pada tingkat empat akan menjadi fokus utama dikarenakan mahasiswa pada tingkat ini akan dibekali dengan mata kuliah untuk pencapaian keluasan kompetensi di bidang Sistem Informasi (IS Breadth). Sehingga, diperlukannya analisis untuk memastikan ketercapaian dari learning outcome dengan melihat learning path yang dijalankan selama proses perkuliahan di tingkat empat. Metode process mining dimanfaatkan untuk analisis proses pembelajaran mahasiswa tingkat empat. Analisis multidimensi diterapkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang data dan process cube memberikan gambaran data dari berbagai dimensi. Didukung dengan tools Celonis untuk dapat menemukan model proses pembelajaran yang dilihat dari berbagai sudut pandang dimensi seperti waktu, mata kuliah, dosen, CLO dan nilai CLO. Lalu, conformance checking dilakukan untuk melihat kesesuaian model proses dengan event log. Conformance terbaik untuk setiap model proses akan ditransformasikan menjadi BPMN agar dapat menyampaikan informasi dengan lebih mudah. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi alur model proses yang dianggap ideal, untuk mahasiswa yang lulus pada sebagian besar CLO melakukan aktivitas dalam LMS seperti assignment, quiz, file, dan H5P.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2964-2132
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisis Multidimensi Pada Perkuliahan Untuk Memperbaiki Pencapaian CLO Mahasiswa Tingkat 4
    Pada penelitain ini, proses pembelajaran pada tingkat empat akan menjadi fokus utama dikarenakan mahasiswa pada tingkat ini akan dibekali dengan mata kuliah untuk pencapaian keluasan kompetensi di bidang Sistem Informasi (IS Breadth). Sehingga, diperlukannya analisis untuk memastikan ketercapaian dari learning outcome dengan melihat learning path yang dijalankan selama proses perkuliahan di tingkat empat. Metode process mining dimanfaatkan untuk analisis proses pembelajaran mahasiswa tingkat empat. Analisis multidimensi diterapkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang data dan process cube memberikan gambaran data dari berbagai dimensi. Didukung dengan tools Celonis untuk dapat menemukan model proses pembelajaran yang dilihat dari berbagai sudut pandang dimensi seperti waktu, mata kuliah, dosen, CLO dan nilai CLO. Lalu, conformance checking dilakukan untuk melihat kesesuaian model proses dengan event log. Conformance terbaik untuk setiap model proses akan ditransformasikan menjadi BPMN agar dapat menyampaikan informasi dengan lebih mudah. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi alur model proses yang dianggap ideal, untuk mahasiswa yang lulus pada sebagian besar CLO melakukan aktivitas dalam LMS seperti assignment, quiz, file, dan H5P.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly