No image available for this title

Text

Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Customer Engagement dan Customer Loyalty (Studi Pada Followers Akun Instagram Shopee Food)



Masa pandemi COVID – 19 yang melanda dunia membuat banyak perubahan di berbagai bidang, salah satunya bidang teknologi. Hal tersebut membuat munculnya teknologi baru seperti aplikasi yang dapat menunjang kehidupan masyarakat agar aktivitas dapat dilakukan tanpa melakukan kontak fisik. Melihat hal itu salah satu aplikasi Shopee yang sebelumnya hanya bergerak di bidang e-commerce membuat fitur baru bernama Shopee Food yang bergerak di bidang jasa pesan antar makanan. Untuk mempromosikan dan membantu pengguna dalam menggunakan Shopee Food, Shopee Food meningkatkan aktivitas manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management) khususnya di bidang SCRM (Social Customer Relationship Management) yaitu pelaksanaan aktivitas CRM melalui media sosial dengan menggunakan akun instagram @shopeefood_id. Maka dari itu, penelitian ini difokuskan untuk memeriksa apakah aktivitas SCRM melalui instagram @shopeefood_id dapat memiliki pengaruh terhadap hubungan pelanggan khusunya keterlibatan pelanggan dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey yang berbasis kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Social Customer Relationship Management atau strategi CRM melalui media sosial yang dilakukan akun instagram @shoppefood_id berpengaruh secara positif dan signifikan baik terhadap Customer Engagement maupun Customer Loyalty dan dibuktikan melalui nilai p-value antar variabel sebesar 0.000.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2964-2132
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Customer Engagement dan Customer Loyalty (Studi Pada Followers Akun Instagram Shopee Food)
    Masa pandemi COVID – 19 yang melanda dunia membuat banyak perubahan di berbagai bidang, salah satunya bidang teknologi. Hal tersebut membuat munculnya teknologi baru seperti aplikasi yang dapat menunjang kehidupan masyarakat agar aktivitas dapat dilakukan tanpa melakukan kontak fisik. Melihat hal itu salah satu aplikasi Shopee yang sebelumnya hanya bergerak di bidang e-commerce membuat fitur baru bernama Shopee Food yang bergerak di bidang jasa pesan antar makanan. Untuk mempromosikan dan membantu pengguna dalam menggunakan Shopee Food, Shopee Food meningkatkan aktivitas manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management) khususnya di bidang SCRM (Social Customer Relationship Management) yaitu pelaksanaan aktivitas CRM melalui media sosial dengan menggunakan akun instagram @shopeefood_id. Maka dari itu, penelitian ini difokuskan untuk memeriksa apakah aktivitas SCRM melalui instagram @shopeefood_id dapat memiliki pengaruh terhadap hubungan pelanggan khusunya keterlibatan pelanggan dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey yang berbasis kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Social Customer Relationship Management atau strategi CRM melalui media sosial yang dilakukan akun instagram @shoppefood_id berpengaruh secara positif dan signifikan baik terhadap Customer Engagement maupun Customer Loyalty dan dibuktikan melalui nilai p-value antar variabel sebesar 0.000.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly