Record Detail
Advanced Search
Text
Analisis Sentimen Pada Pembelajaran Daring Di Indonesia Melalui Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier
Pendidikan di masa pandemi harus tetap berjalan. Untuk membendung penyebaran Covid-19 dan
memastikan kegiatan belajar dapat berjalan seperti biasa, pemerintah (dalam hal ini Kemdikbudristek)
memberlakukan sistem pembelajaran dalam jaringan di Indonesia. Umpan balik masyarakat sangat
penting dibutuhkan untuk evaluasi pembelajaran daring yang diterapkan. Dengan diberlakukannya
kebijakan pembelajaran daring di Indonesia, analisis sentimen perlu dilakukan untuk mengetahui
bagaimana reaksi, pendapat atau komentar masyarakat umum dan pemangku kepentingan
pembelajaran daring terkait penerapan pembelajaran daring saat ini. Maka penulis melakukan
penelitian yang berjudul Analisis Sentimen Pembelajaran Online di Indonesia Melalui Twitter
Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier untuk mengukur respon siswa terhadap pembelajaran
online pada masa pandemi covid -19 di Indonesia. Hasil akurasi penelitian ini sebesar 99,87% dan error
klasifikasi sebesar 0,13%. Dari hasil analisis sentiment yang diperoleh terdapat sentiment negatif lebih
besar dari pada sentiment positif yaitu sebesar 75,68% untuk sentiment negatif dan sentiment positif
sebesar 15,29% serta netral sebesar 9,03% ini menunjukan bahwa sebagian mahasiswa kurang setuju
terhadap penerapan kuliah daring dimasa pandemic covid-19.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | SINTECH (Science and Information Technology) : Indonesia., 2022 |
Collation |
12
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2598-7305
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly