No image available for this title

Text

Penerapan Metode E-Service Quality Terhadap Pengukuran Tingkat Kepuasan Penggunaan Marketplace



Persaingan yang ketat membuat berbagai marketplace yang ada harus mampu memberikan layanan
terbaik serta kepuasan kepada penggunanya guna memenangkan persaingan yang ada. Pada review
aplikasi JD.ID saat versi 6.3 dan 6.4 terdapat beberapa keluhan pengguna yang mengarah ke
permasalahan kualitas sistem dan layanan. Kualitas layanan merupakan salah satu faktor pendukung
sukses atau tidaknya sebuah sistem informasi memberikan kepuasan pada penggunanya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh electronic service quality (e-service
quality) terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi JD.ID. Jenis analisis yang digunakan pada penelitian
ini adalah analisis regresi sederhana dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan suatu
generalisasi atau menjelaskan mengenai subjek penelitian berdasarkan dimensi e-service quality,
sehingga dapat diketahui gambaran umum mengenai pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pengguna. Data yang diolah diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan memanfaatkan google form.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna marketplace JD.ID di Kabupaten Badung
adalah perempuan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa e-service quality yang terdiri dari dimensi
efficiency, system availability, fulfillment, privacy, responsiveness, compensation, dan contact memiliki
pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna dan memiliki korelasi yang kuat dengan nilai
korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,56 atau sebesar 56%, artinya adalah semakin tinggi kualitas
layanan yang dimiliki JD.ID maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan pengguna JD.ID. Dapat
dikatakan bahwa kualitas layanan JD.ID sudah cukup baik dalam memberikan kepuasan pengguna.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher SINTECH (Science and Information Technology) : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2598-7305
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly