Record Detail
Advanced Search
Text
Pengelompokkan Tingkat Pemahaman Kurikulum Berbasis KKNI Menggunakan Metode X-Means Clustering
Pada Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pada Pasal 35 Ayat 2 menerangkan bahwa pengembangan kurikulum PT mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap prodi yang pengembangan ahlak mulia, kecerdasan intelektual dan keterampilan. KKNI atau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia mempertemukan, menyamakan, dan menggabungkan bidang pendidikan dengan bidang pelatihan dan pengalaman kerja serta secara konseptual Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) disusun enam (6) parameter utama yang terdiri dari science, knowledge, know-how, skill, affection, competency. Dari hasil analisis clustering atau pengelompokan menggunakan algoritma x-means diperoleh bahwa pada parameter science (A), knowledge (B), skill (D), dan competency (F) responden lebih cenderung menjawab paham dan sangat paham. Pada parameter know-how (C) kecenderungan responden untuk menjawab cukup paham, sedangkan untuk parameter affection (E) responden cenderung untuk menjawab antara paham dan cukup paham tetapi bertolak belakang antara cluster 0 dan cluster 1.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia., 2019 |
Collation |
006
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2477-5126
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly