No image available for this title

Text

Pengelompokkan Tingkat Pemahaman Kurikulum Berbasis KKNI Menggunakan Metode X-Means Clustering



Pada Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pada Pasal 35 Ayat 2 menerangkan bahwa pengembangan kurikulum PT mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap prodi yang pengembangan ahlak mulia, kecerdasan intelektual dan keterampilan. KKNI atau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia mempertemukan, menyamakan, dan menggabungkan bidang pendidikan dengan bidang pelatihan dan pengalaman kerja serta secara konseptual Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) disusun enam (6) parameter utama yang terdiri dari science, knowledge, know-how, skill, affection, competency. Dari hasil analisis clustering atau pengelompokan menggunakan algoritma x-means diperoleh bahwa pada parameter science (A), knowledge (B), skill (D), dan competency (F) responden lebih cenderung menjawab paham dan sangat paham. Pada parameter know-how (C) kecenderungan responden untuk menjawab cukup paham, sedangkan untuk parameter affection (E) responden cenderung untuk menjawab antara paham dan cukup paham tetapi bertolak belakang antara cluster 0 dan cluster 1.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2477-5126
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly