No image available for this title

Text

Analisis Efisiensi Algoritma Alpha Beta Pruning dan MTD(f) pada Connect4



Abstrak—Komputer membutuhkan kecerdasan
buatan/artificial intelligence agar dapat bermain
selayaknya manusia pada Connect Four/Connect4.
Terdapat beberapa algoritma yang dapat diterapkan
pada Connect4, namun tidak diketahui mana yang
cocok. Algoritma yang cocok berarti optimal dalam
memilih langkah sekaligus waktu eksekusinya tidak
lambat pada kedalaman pencarian/depth yang cukup
dalam. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis dan
perbandingan antara alpha beta (AB) Pruning dan
MTD(f) pada prototipe Connect4, dalam hal
keoptimalan (persentase kemenangan) dan kecepatan
(waktu eksekusi dan jumlah simpul daun). Pengujian
dilakukan dengan menjalankan mode komputer
melawan komputer dengan kondisi berbeda. Persentase
yang diraih MTD(f) berdasarkan pengujian adalah
menang 41,67%, kalah 41,67% dan seri 16,66%. Pada
pengujian dengan depth 8, waktu eksekusi MTD(f)
35,19% lebih cepat dan mengevaluasi simpul daun
66,2% lebih sedikit dibandingkan AB Pruning. Hasil
dari penelitian ini adalah MTD(f) sama optimalnya
dengan AB Pruning pada prototipe Connect4, namun
MTD(f) secara rata-rata lebih cepat dan mengevaluasi
simpul daun lebih sedikit dibandingkan AB Pruning.
Waktu eksekusi MTD(f) tidak lambat dan jauh lebih
cepat dibandingkan AB Pruning pada depth yang
cukup dalam.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL SISFOKOM (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTER) : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2301-7988
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly