No image available for this title

Text

Strategi Marketing Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Machine Learning dengan Teknik Clustering



Kegiatan marketing penerimaan mahasiswa baru merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh sebuah Perguruan Tinggi untuk menjaga eksistensinya agar tetap dikenal dan mendapatkan minat dari masyarakat luas. Dari hasil observasi yang dilakukan dilokasi penelitian, kegiatan marketing yang dijalankan selama ini masih dilakukan dengan cara yang sama dari tahun ketahun tanpa membedakan karakteristik dari target calon pendaftar, sehingga pola marketing yang dilakukan belum tentu efektif bagi seluruh calon pendaftar yang memiliki karakteristik yang berbeda–beda. Oleh karana itu perlu dilakukan sebuah upaya pengelempokkan target calon pendaftar berdasarkan kareakteristik tertentu untuk memudahkan penentuan strategi dan pola marketing penerimaan mahasiswa baru.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengelompokan terhadap data pesebaran mahasiswa dengan pendekatan Teknologi Machine Learning dengan menggunakan teknik Clustering. Penelitian ini menghasilkan pengelompokkan pendaftar dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang dibagai menjadi 3 kelompok cluster, yaitu cluster 1 sebanyak 11%, cluster 2 sebanyak 56 % dam cluster 3 sebanyak 33 %.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2477-5126
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly