No image available for this title

Text

Implementasi Analisis Markov pada R Studio untuk Model Prediksi Perpindahan Pengguna Transportasi Online



Perkembangan transportasi di Indonesia telah memasuki era kolaborasi dengan teknologi informasi. Transportasi berbasis online telah terbukti memudahkan mobilitas kehidupan masyarakat. Munculnya berbagai provider transportasi online di Indonesia, mengharuskan provider tersebut memiliki perencanaan bisnis yang terprogram dengan berbasis data. Prediksi loyalitas pelanggan merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan dalam perencanaan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi perpindahan pengguna transportasi online menggunakan Analisis Markov pada R Studio. Data yang digunakan dalam penelitian ini, diambil dari 100 responden di Jakarta. Pola perpindahan pengguna dianalisis berdasarkan bulan pertama, kedua, dan bulan ketiga jenis transportasi online yang digunakan oleh responden. Penelitian ini menggunakan Gojek dan Grab sebagai provider transportasi online yang diteliti. Penelitian ini menghasilkan Steady State atau kondisi tetap, menunjukkan loyalitas pengguna Gojek pada November 2022 sampai Januari 2023 adalah 66% dan Grab 34%.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2964-2132
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Implementasi Analisis Markov pada R Studio untuk Model Prediksi Perpindahan Pengguna Transportasi Online
    Perkembangan transportasi di Indonesia telah memasuki era kolaborasi dengan teknologi informasi. Transportasi berbasis online telah terbukti memudahkan mobilitas kehidupan masyarakat. Munculnya berbagai provider transportasi online di Indonesia, mengharuskan provider tersebut memiliki perencanaan bisnis yang terprogram dengan berbasis data. Prediksi loyalitas pelanggan merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan dalam perencanaan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi perpindahan pengguna transportasi online menggunakan Analisis Markov pada R Studio. Data yang digunakan dalam penelitian ini, diambil dari 100 responden di Jakarta. Pola perpindahan pengguna dianalisis berdasarkan bulan pertama, kedua, dan bulan ketiga jenis transportasi online yang digunakan oleh responden. Penelitian ini menggunakan Gojek dan Grab sebagai provider transportasi online yang diteliti. Penelitian ini menghasilkan Steady State atau kondisi tetap, menunjukkan loyalitas pengguna Gojek pada November 2022 sampai Januari 2023 adalah 66% dan Grab 34%.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly