No image available for this title

Text

Analisis Sentimen Evaluasi Terhadap Pengajaran Dosen di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode LSTM



Pendidikan di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenjang dari Pendidikan dasar hingga Pendidikan tinggi. Pada tingkat Pendidikan tinggi, dosen diminta untuk tidak hanya mengajarkan materi namun juga menekankan kepada mahasiswa bahwa mahasiswa memiliki peran penting untuk masa depan. Hal itu disebabkan mahasiswa dianggap sebagai orang dewasa yang dirasa dapat mengambil keputusan serta bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Pada saat pandemi seperti sekarang, kegiatan pengajaran dilakukan secara daring, agar kegiatan pengajaran berjalan dengan baik maka masukan atau evaluasi dari mahasiswa diperlukan. Mengingat mahasiswa merupakan salah satu elemen penting pada Pendidikan tingkat tinggi. Pada penelitian ini dilakukan analisis sentimen terhadap evaluasi pengajaran oleh mahasiswa. Data yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 2280 data dengan jumlah kata pada teks evaluasi berkisar antara 3 hingga 50 kata. Metode LSTM adalah metode yang digunakan pada penelitian ini, dan hasil dari akurasi dari penggunaan metode LSTM adalah sebesar 91.08%. Dengan analisis yang dilakukan, dosen dapat meningkatkan cara pengajarannya berdasarkan hasil analisis evaluasi.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly