No image available for this title

Text

Analisis Sentimen Gofood Berdasarkan Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine



Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak di setiap sektor kehidupan, termasuk perekonomian. Pemerintah menerapkan pembatasan sosial yang membuat manusia harus melakukan aktivitas di dalam rumah. Karena hal tersebut manusia memilih melakukan segala hal dengan digital termasuk pesan makanan. Dengan meningkatnya minat masyarakat pada pesan makanan secara online ini, menjadikan pendapatan salah satu aplikasi pesan makanan yaitu Gojek (Gofood) mengalami peningkatan. Meskipun demikian Gofood banyak mendapatkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Dalam hal ini masyarakat banyak memberikan pendapat mereka menggunakan media sosial terutama twitter. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa opini masyarakat terhadap kinerja Gojek (Gofood) di Indonesia. Adapun pengelompokkannya dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas positif, negatif dan netral yang diuji menggunakan metode Naïve Bayes dan SVM dan membandingkan dua metode tersebut. Analisis sentimen masyarakat mengenai Gofood pada twitter menghasilkan 92,8% bernilai netral, 5,2% bernilai positif dan 2,0% bernilai negatif. Perbandingan hasil akurasinya, metode Support Vector Machine akurasinya lebih besar dari metode Naïve Bayes, dengan nilai akurasi Support Vector Machine sebesar 83% dan 98,5% sedangkan nilai akurasi Naïve Bayes sebesar 74,6% dan 91,5%.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly