No image available for this title

Text

Evaluasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Menggunakan Decision Tree



Berbagai cara dilakukan oleh masing-masing instansi untuk memenangkan kepercayaan masyarakat, antara lain yakni dengan meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satu instansi pemerintah yang berkomitmen dalam meningkatkan kepuasan konsumennya adalah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan mengukur kesesuaian kualitas pelayanan dan merekomendasikan penyelarasan kesenjangan antara persepsi publik dan persepsi manajemen yang kemudian dijadikan bahan evaluasi kualitas layanan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menggunakan Decision Tree dengan algoritma ID3. Atribut masukan kepuasan konsumen dalam penelitian ini menggunakan Servqual, mencakup tangibel, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Dalam penelitian ini, didapatkan bahwa terdapat kesenjangan antara persepsi pengguna layanan dan persepsi management. Dimana perbaikan kualitas pelayanan yang harus di utamakan adalah atribut assurance. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak manejemen dalam menemukan kelemahan pelayanan mereka dan meningkatkan kepuasan konsumen untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi pemerintah.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly