Record Detail
Advanced Search
Text
Pemanfaatan Algoritma K-Means untuk Pengelompokkan Angka Partisipasi Sekolah di Jawa Tengah
Angka Partisipasi Sekolah (APS) dikenal sebagai salah satu indikator keberhasilan pengembangan layananpendidikan di daerah, baik Provinsi, Kabupaten atau Kota di Indonesia. Semakin tinggi nilai Angka Partisipasi Sekolah, maka suatu daerah dianggap berhasil dalam memberikan akses ke layanan pendidikan. Sumber dataset diperoleh dari website Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah. Objek yang dianalisa adalah persentase APS wilayah Jawa Tengah tahun 2017-2019 untuk usia 7-12 tahun, 13-15 tahun dan 16-18 tahun. Tujuan penelitian untuk melakukan analisis berupa pemetaan pada Angka Partisipasi Sekolah di wilayah Kabupaten dan Kota yang ada di provinsi Jawa Tengah yang merupakan provinsi terpadat ke tiga setelah Jawa Barat dan Jawa Timur. Proses analisis menggunakan bantuan software RapidMiner. Output penelitian yang dihasilkan adalah pemetaan berupa klaster terhadap wilayah di daerah Kabupaten dan Kota tersebut. Metode solusi yang ditawarkan adalah metode k-means yang merupakan bagian dari data mining klastering. Dalam penelitian ini jumlah klaster pemetaan dibagi menjadi dua yakni klaster tinggi (C1) dan rendah (C2). Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemetaan klaster usia 7-12 tahun adalah 24 provinsi berada di klaster tinggi (cluster_0) dan 11 provinsi berada di klaster rendah (cluster_1); sedangkan pemetaan klaster usia 13-15 tahun adalah 23 provinsi berada di klaster tinggi (cluster_0) dan 12 provinsi berada di klaster rendah (cluster_1); dan pemetaan klaster usia 16-18 tahun adalah 15 provinsi berada di klaster tinggi (cluster_0) dan 20 provinsi berada di klaster rendah (cluster_1). Penentuan klaster didasarkan atas nilai centroid akhir dimana nilai centroid akhir klaster usia 7-12 tahun adalah tinggi (cluster_0) {99.81, 99.87, 99.75}; rendah (cluster_1) { 99.73, 99.43, 99.25}; sedangkan nilai centroid akhir klaster usia 13-15 tahun adalah tinggi (cluster_0) {97.52, 97.12, 96.93}; rendah (cluster_1) {93.78, 93.58, 93.17} dan nilai centroid akhir klaster usia 16-18 tahun adalah tinggi (cluster_0) {79.99, 79.51, 79.56}; rendah (cluster_1) {65.57, 64.79, 63.19}. Hasil pemetaan secara keseluruhan menunjukkan persentase yang baik untuk semua kelompok usia yakni diatas 50 persen pada klaster tinggi. Sementara secara detail pada kelompok usia 16-18 tahun, terdapat 24 provinsi (57%) yang berapa pada klaster rendah. Informasi dari hasil dari penelitian dapat memberi gambaran secara makro tingkat perkembangan Angka Partisipasi Sekolah selama beberapa tahun terakhir.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia., 2021 |
Collation |
006
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2614-5278
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly