No image available for this title

Text

Chatbot Layanan Akademik Menggunakan K-Nearest Neighbor



Perusahaan atau institusi yang bergerak di bidang pelayanan publik pasti memiliki layanan customer service untuk menjawab pertanyaan dari konsumen. Namun perusahaan atau institusi dengan skala menengah ke bawah seringkali tidak sanggup untuk menyediakan karyawan khusus untuk menangani pekerjaan tersebut, sehingga pekerjaan tersebut dirangkap oleh karyawan di posisi lain. Chatbot dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan layanan tanya jawab, khususnya bagi perusahaan atau institusi yang tidak memiliki sumber daya khusus untuk menangani pekerjaan tersebut. Dengan adanya chatbot, pertanyaan-pertanyaan konsumen yang bersifat redundan dapat ditangani secara otomatis. Pada penelitian ini, penulis membangun sistem chatbot untuk layanan tanya jawab seputar kegiatan akademik dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem dapat memberikan nilai akurasi sebesar 53.48% untuk nilai K = 3.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains dan Informatika : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2598-5841
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly