No image available for this title

Text

Pengaruh Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Minat Menggunakan Internet Sebagai Sumber Belajar



Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Internet juga dapat dijadikan sumber belajar. Keputusan guru Sekolah Dasar yang menggunakan internet sebagai sumber belajar siswa, dipengaruhi oleh banyak hal. Keterbukaan informasi bisa memudahkan kita tapi disisi lain bisa berisiko. Pengaksesan internet perlu pemahaman teknologi dan sarana pendukung sehingga efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan model perilaku pemanfaatan teknologi informasi dalam literatur sistem informasi manajemen yaitu technology acceptance model (TAM). Analisa data dengan statistik diskriptif menggunakan analisa regresi. Obyek penelitian adalah guru-guru Sekolah Dasar di kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan, dan resiko terhadap minat guru dalam menggunakan sumber belajar bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh 0,403, persepsi kemudahan berpengaruh sebesar 0.133 dan persepsi resiko berpengaruh negatif sebesar 0,133 terhadap minat guru Sekolah Dasar menggunakan internet sebagai sumber belajar. Guru Sekolah Dasar menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan merekomendasikan situs-situs tertentu dengan didampingi orang tua.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains dan Informatika : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2598-5841
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly