No image available for this title

Text

Analisa Pola Penjualan Produk Sepeda Motor Yamaha Menggunakan Metode Algoritma Apriori



Perkembangan industri otomotif di Indonesia dapat dikatakan sangat cepat dan cenderung meningkat tiap tahunnya, mengakibatkan tingginya kompetisi karena banyaknya perusahaan yang menyediakan berbagai macam merk sepeda motor dengan kualitas dan harga yang bersaing. Pihak perusahaan harus menciptakan strategi pemasaran yang mampu menambah tingkat efisiensi penjualan produk sepeda motor Yamaha. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan suatu strategi yang dapat membantu meningkatkan penjualan produk sepeda motor, yaitu dengan memanfaatkan data penjualan yang dimiliki oleh perusahaan. Data mining dapat digunakan untuk mengolah data penjualan perusahaan dengan mencari association rule dengan metode algoritma apriori pada variabel produk sepeda motor. Dari hasil analisis association rule pada data penjualan, dengan minimum support 30% dan minimum confidence 75% menghasilkan 3 rules dengan 3 produk yang paling banyak diminati konsumen yaitu NEW MIOM3 CW, NEWAEROX155VVA dan N-MAX, dengan diketahuinya produk yang paling banyak terjual, sehingga perusahaan dapat menambah persediaan produk yang paling banyak terjual dan menyusun strategi pemasaran untuk memasarkan produk dengan produk lain dengan meneliti apa kelebihan produk yang paling banyak terjual tersebut dengan produk lainnya.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly