Record Detail
Advanced Search
Text
Penerapan Data Mining Menggunakan Task Market Basket Analysis Pada Transaksi Penjualan Barang di AB Mart dengan Algoritma Apriori
Data Mining adalah proses mengekstrasi informasi atau sesuatu yang yang menarik dari data yang ada didalam database sehingga menghasilkan informasi yang berharga dengan menggunakan teknik-teknik seperti clustering, estimasi, deskripsi, dan lain-lain. Berdasarkan observasi di AB Mart ada sebanyak 44 item produk yang datanya tidak terungkap. Permasalahan ini akan dipecahkan menggunakan analisis data mining. Tujuan penelitian iniMelakukan penerapan market basket analysis pada transaksi penjualan barang di AB Mart dengan algoritma apriori. Penelitian ini menggunakan susunan kerangka kerja yang jelas tahapannya yaitu Identifikasi masalah, Studi Literatur, Pengumpulan Data, Perhitungan & Analisis Kaidah Asosiasi dengan algoritma apriori, pembentukan kaidah asosiasi dan pembuatan laporan. Hasil transaksi penjualan AB Mart pada bulan Agustus menghasilkan atau men-generate hubungan antar item produk belanja dimana % pembelian Pepsodent 115%, Frisian Flag 96%, Gula Pasir 96%, Indomilk 93%, dam Beras jempol 91%. Kesimpulan dari penelitian ini menggunakan software Weka dengan algoritma apriori dimana menghasilkan hubungan asosiasi antara barang pepsodent dengan jumlah transaksi yang dibeli.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia., 2021 |
Collation |
006
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2614-5278
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly