No image available for this title

Text

Penerapan Data Mining Menggunakan Task Market Basket Analysis Pada Transaksi Penjualan Barang di AB Mart dengan Algoritma Apriori



Data Mining adalah proses mengekstrasi informasi atau sesuatu yang yang menarik dari data yang ada didalam database sehingga menghasilkan informasi yang berharga dengan menggunakan teknik-teknik seperti clustering, estimasi, deskripsi, dan lain-lain. Berdasarkan observasi di AB Mart ada sebanyak 44 item produk yang datanya tidak terungkap. Permasalahan ini akan dipecahkan menggunakan analisis data mining. Tujuan penelitian iniMelakukan penerapan market basket analysis pada transaksi penjualan barang di AB Mart dengan algoritma apriori. Penelitian ini menggunakan susunan kerangka kerja yang jelas tahapannya yaitu Identifikasi masalah, Studi Literatur, Pengumpulan Data, Perhitungan & Analisis Kaidah Asosiasi dengan algoritma apriori, pembentukan kaidah asosiasi dan pembuatan laporan. Hasil transaksi penjualan AB Mart pada bulan Agustus menghasilkan atau men-generate hubungan antar item produk belanja dimana % pembelian Pepsodent 115%, Frisian Flag 96%, Gula Pasir 96%, Indomilk 93%, dam Beras jempol 91%. Kesimpulan dari penelitian ini menggunakan software Weka dengan algoritma apriori dimana menghasilkan hubungan asosiasi antara barang pepsodent dengan jumlah transaksi yang dibeli.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly