No image available for this title

Text

KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK AKADEMI PARIWISTA NUSANTARA



Knowledge Management System (KMS) bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam suatu
organisasi dengan memperbaiki komunikasi antar karyawan dan meningkatkan penguasaan dengan
melakukan transfer pengetahuan. Knowledge Management System (KMS) merupakan salah satu
cara untuk menumbuhkan budaya saling berbagi knowledge (sharing knowledge) antar individu
maupun organisasi. Pada penelitian ini, penulis mencoba mengembangkan model knowledge
management system yang sesuai dengan kondisi yang ada pada Biro Administrasi Akademik
Akademi Pariwisata Nusantara. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan kerangka kerja
model SSM, pembentukan knowledge menggunakan model SECI, Metode yang digunakan dalam
merancang sistem adalah menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan teknik pengujian
fungsional sistem menggunakan metode FGD dengan tingkat keberhasilan 90% dan pengujian
kualitas perangkat lunak menggunakan metode MCcall’s dengan tingkat keberhasilan 87,75%, hasil
yang didapatkan dari penelitian ini adalah prototype Knowledge Management System yang dapat
menyimpan pengetahuan dan pengalaman karyawan dengan baik sehingga menjadi sebuah solusi
untuk berbagi sharing knowledge dan dapat mendukung kinerja karyawan di Biro Administrasi
Akademik Pariwisata Nusantara.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) : Indonesia.,
Collation
012
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2527–9661
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly