No image available for this title

Text

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Multimedia Pembelajaran



Abstrak—Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi informasi, teknologi elektronik juga berkembang pesat.
Secara tidak langsung, gaya hidup manusia dipengaruhi oleh
kehadiran berbagai peralatan elektronik yang canggih. Dengan
perkembangan teknologi dan peralatan elektronik berbasis
komputer, banyak orang sudah memiliki smartphone dan tablet
tersebut. Alat-alat ini dapat membantu memfasilitasi kegiatan
sehari-hari, misalnya belajar siswa dengan aplikasi berbasis
Android. Masalah dengan anak usia dini adalah basis
pengetahuan yang terbatas, mereka membutuhkan pemahaman
tentang huruf, angka, jenis hewan, dan nama buah. Pola belajar
anak-anak yang suka bermain sangat memengaruhi konsentrasi
anak dalam belajar. Mereka mudah bosan dengan materi
teoretis yang disampaikan secara verbal oleh guru dan orang
tua, anak memahami materi dalam bentuk gambar lebih cepat.
Oleh karena itu, penelitian ini membahas penerapan

pembelajaran multimedia untuk meningkatkan minat belajar
siswa yang dapat membantu dalam proses pembelajaran mereka.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner, adapun data yang diperoleh
menggunakan data primer yang bersifat data kuantitatif. Hasil
penelitian ini adalah sebanyak 30 user merasa tertantang setelah
menggunakan aplikasi multimedia pembelajaran. dan 1 Orang
yang merasa bosan setelah menggunakan aplikasi multimedia.
Selain itu juga dari 50 user ,mayoritas memperoleh score 80-100,
sedangkan yang mendapat nilai 0-50 hanya 1 orang. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya aplikasi
pembelajaran multimedia, siswa dapat lebih mudah memahami
dan dapat meningkatkan minat belajar, merasa tertarik dan
tertantang dengan fitur latihan dalam bentuk multimedia.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL SISFOKOM (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTER) : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2598-7305
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly