No image available for this title

Text

Penentuan Kelas Menggunakan Algoritma K Medoids Untuk Clustering Siswa Tunagrahita



Selama ini penempatan kelas siswa tunagrahita bersumber pada umur masuk anak dikala mendaftar di SLB C Muzdalifah, tidak dicoba uji Intelligence Quotient (IQ) buat siswa tunagrahita dalam mengelompokkan kelas siswa. Pengelompokkan anak tunagrahita penting dilakukan untuk mempermudah guru dalam menyusun program dan melaksanakan layanan pendidikan. Penting bagi pihak sekolah untuk memahami bahwa pada anak tunagrahita terdapat perbedaan individual yang variasinya sangat besar. Artinya, berada pada level usia (usia kalender dan usia mental) yang hampir sama serta jenjang pendidikan yang sama, kenyataannya kemampuan individu berbeda satu dengan lainnya. Dengan demikian, sudah barang tentu diperlukan strategi dan program khusus yang disesuaikan dengan perbedaan individual. Penelitian ini dibuat untuk mengelompokkan dan analisis data mining untuk clustering kelas siswa dengan algoritma K-Medoids dapat menolong dalam pengelompokkan siswa yang hendak menempati kelas sesuai tingkat ketunagrahitaannya. Dari hasil pengelompokan didapat 3 cluster, yang memiliki jumlah siswa paling tinggi ialah kelas tunagrahita sedang dan cluster yang rendah ialah tunagrahita ringan, pihak sekolah luar biasa Muzdalifah dapat mempersiapkan kelas berdasarkan pengelompokan untuk aktivitas belajar mengajar.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly