Record Detail
Advanced Search
Text
Studi Pustaka Tentang Kerentanan Keamanan E-Learning dan Penanganannya
E-learning merupakan media pendidikan yang menggunakan TIK dalam proses pembelajaran. Dewasa ini, beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah mengintregasikan perkuliahannya dengan sistem e-learning. Dengan e-Learning, maka pembelajaran dapat dilakukan diluar kelas, kapanpun dan dimanapun. Berdasarkan kajain pustaka, e-learning telah terbukti memiliki banyak dampak positif kepada komponen-komponen dan ekosistem Pendidikan Tinggi, baik mahasiswa, dosen, tenaga Pendidikan, maupun para pejabat kampus. Meskipun menawarkan banyak keuntungan dalam proses belajar dan pembelajaran, seperti teknologi informasi pada umumnya, sistem e-learning juga rentan terhadap ancaman keamanan. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa celah keamanan yang dapat ditembus oleh peretas, dimana data-data yang ada didalam e-learning berpotensi besar untuk diintip bahkan dimodivikasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga aspek keamanan sistem e-learning harus diperhatikan agar Perguruan Tinggi dapat menjalankan bisnis (dalam bidang pendidikan) dengan baik. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang e-Learning, peluang pemanfaatan, tantangan keamanan, dan beberapa solusi yang pernah ditawarkan. Metode penelitian yang digunakan pada makalah ini adalah studi literatur dari literatur terkini.
Availability
No copy data
Detail Information
| Series Title |
-
|
|---|---|
| Call Number |
-
|
| Publisher | JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia., 2020 |
| Collation |
005
|
| Language |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
2614-5278
|
| Classification |
NONE
|
| Content Type |
-
|
| Media Type |
-
|
|---|---|
| Carrier Type |
-
|
| Edition |
-
|
| Subject(s) | |
| Specific Detail Info |
-
|
| Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
| Accreditation |
-
|
|---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly






