Record Detail
Advanced Search
Text
Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking
Seiring dengan perkembangan zaman, maka media pembelajaran juga terus berkembang. Dalam mata pelajaran tata surya, biasanya media yang digunakan adalah buku, dimana siswa hanya dapat melihat bentuk 2D. tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi yang dapat membuat sebuah objek 3D disertai dengan penjelasan, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan mudah dipahami menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Pada jurnal-jurnal sebelumnya telah dibuat aplikasi pembelajaran tata surya menggunakan teknologi AR, dan pada penelitian ini akan dikembangkan dengan membuat menu kuis dan true or false untuk mengetahui seberapa jauh siswa mengerti dengan materi yang diajarkan. Untuk memastikan aplikasi berjalan dengan baik, maka dilakukan pengujian gambar, jarak dan sudut marker, fitur-fitur aplikasi, dan kuisioner menggunakan black box. Hasil pengujian marker dapat dibedakan dengan baik, marker dapat di deteksi dengan baik pada jarak 30-90 cm dengan sudut 45O-90O, kemudian kuesioner terhadap 10 siswa sekolah dasar terkait aplikasi ini 100% menyukai aplikasi AR tata surya sebagai media pembelajaran.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia., 2020 |
Collation |
006
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2614-5278
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly