No image available for this title

Text

Stimulasi Berpikir Komputasi Melalui Digital Storytelling Menggunakan CoSpaces Edu



Digital storytelling memberikan pendekatan pedagogis untuk mendorong mahasiswa berpikir algoritmik dan keterampilan mendongeng untuk membuat cerita yang bermakna dan relevan dengan kebutuhan dan minat pribadi. Penelitian ini memanfaatkan CoSpaces Edu berbasis animasi 3D sebagai perangkat untuk menciptakan digital storytelling. Jumlah responden yang digunakan yaitu 120 mahasiswa non-teknik di tahun pertama. Mahasiswa diminta membuat digital storytelling kemudian pengajar menilainya berdasarkan rubrik penilaian yang tersedia. Dimensi berpikir komputasi terdiri dari Abstraction, Paralellism, Logical Thinking, Synchronization, Flow Control, User Interactivity, dan Data Representation. Sedangkan dimensi digital storytelling yaitu Ide, Pengorganisasian, Voice & Tone, Pemilihan kata, Penyusunan kalimat, dan Convention. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil model pengukuran memenuhi persyaratan seperti reliabilitas, validitas konvergen, dan diskriminan. Begitu pula dengan hasil struktural menunjukkan bahwa digital storytelling berpengaruh signifikan positif terhadap berpikir komputasi.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Journal Information Engineering and Educational Technology : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2549-869X
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly