No image available for this title

Text

Penilaian E-Servqual Terhadap Fasilitas E-Learning dengan Menggunakan Analisa Faktor



Abstrak—Pandemi covid-19 yang terjadi sampai saat ini
membuat kegiatan belajar yang biasanya dilaksanakan secara
tatap muka, beralih ke dalam jaringan dengan memanfaatkan

media e-learning. Pemindahan kegiatan belajar ke media e-
learning memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga perlu

dievaluasi. Evaluasi ini dilakukan untuk melihat sampai sejauh
mana kualitas layanan dari media e-learning saat digunakan
dalam kegiatan belajar. Salah satu cara menilai kualitas layanan
adalah dengan memanfaatkan metode e-service quality. Tujuan

dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan e-
learning. Faktor penilaian kualitas layanan yang digunakan

dalam penelitian ini adalah tangibility, reliability, responsiveness,
assurance, dan empathy. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan periode pengambilan
data dimulai dari bulan Agustus 2020 sampai Februari 2021.
Penelitian ini diikuti 174 mahasiswa, dengan proporsi terbesar
adalah mahasiswa semester 7. Instrumen yang digunakan
memiliki validitas yang baik dengan nilai KMO lebih dari 0,5

dan reliabel dengan nilai Cronbach's alpha lebih dari 0,6. Hasil
akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa lima faktor pengukur
kualitas layanan elektronik dapat digunakan untuk mengukur
kualitas layanan pembelajaran elektronik dan faktor yang paling
berpengaruh adalah faktor jaminan.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL SISFOKOM (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTER) : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2598-7305
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly