Record Detail
Advanced Search
Text
Berdasarkan Pendapat Pelanggan Melalui Media Sosial Twitter dengan Metode Naïve Bayes Classifier
Analisis sentimen ialah sesuatu studi yang kala ini banyak diminati oleh bermacam berbagai kalangan. Dokumen ataupun opini yang terdapat di media sosial sanggup digunakan untuk analisis sentimen. Data media sosial yang biasanya digunakan untuk analisis sentimen adalah Twitter. Sebelum suatu data diklasifikasikan, butuh dilakukan untuk proses preprocessing yang merupakan tahap untuk menghasilkan data yang lebih terstruktur. Ada pula metode yang biasanya digunakan untuk analisis sentimen adalah Naïve Bayes Classifier. Naïve Bayes Classifier bisa digunakan untuk mengategorikan suatu opini ke dalam opini positif, opini negatif dan opini netral. Tidak hanya itu, metode ini mengenakan data training dalam proses pengklasifikasian. Hasil dari metode naïve bayes sangat baik. Untuk menguji tingkatan keakuratan sistem dalam mengklasifikasi opini, sehingga pengujian memperoleh hasil klasifikasi. Hasil dari klasifikasi memperoleh hail rata-rata 74,5%. Semakin banyak data training yang mirip dengan data testing maka hasil klasifikasi akan lebih bagus.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Journal Information Engineering and Educational Technology : Indonesia., 2020 |
Collation |
006.3
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2549-869X
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly