No image available for this title

Text

Opinion Mining Terhadap Toko Online Di Media Sosial Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (Studi Kasus: Akun Facebook Dugal Delivry)



Era internet memberikan dampak di berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satunya adalah sektor ekonomi. Transaksi ekonomi berubah dari pola tradisional (face to face) ke online. Customer tidak perlu bertanya tentang kondisi suatu barang yang akan dibeli ke teman dekat atau keluarganya, namun cukup dengan melihat review produk dari komentar para pembeli produk yang sama sebelumnya. Produk yang mendapat review bagus berarti berkualitas baik. Namun muncul sebuah masalah jika data komentar tersebut jumlahnya sangat besar dan akan menyulitkan customer dalam menimpulkan kualitasnya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem opinion mining otomatis yang dapat secara langsung memberikan kesimpulan tentang kualitas suatu produk. Penelitian ini membuat sebuah sistem opinion mining dengan menerapkan algoritma Naïve Bayes dengan mengambil studi kasus akun facebook Dugal Delivry. Hasil pengujian dengan confusion matrix memberikan nilai presisi sebesar 88,89%, recall sebesar 80% dan akurasi sebesar 85%.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2477-5126
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly