No image available for this title

Text

Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android



Cerita rakyat merupakan tradisi lisan yang diwariskan secara turun temurun dalam kehidupan masyarakat. Namun saat ini, cerita rakyat kurang diminati oleh masyarakat, salah satu penyebabnya adalah popularitas cerita dari luar negeri lebih tinggi dan dikemas dengan menarik. Di daerah Lampung sendiri banyak masyarakat yang tidak mengetahui cerita rakyat Lampung. Padahal, cerita rakyat memiliki nilai moral, dan juga sebagai warisan budaya daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi pengenalan cerita rakyat Lampung untuk meningkatkan minat anak-anak maupun masyarakat agar mengenal dan membaca cerita rakyat Lampung yang merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. Pengembangan aplikasi game edukasi pengenalan cerita rakyat Lampung menggunakan software Construct 2 yang akan dijalankan pada platform Android. Pengujian yang dilakukan yaitu aspek Usability, Functionality, Portability dan Efficiency. Berdasarkan pengujian usability pada siswa SD kelas 5 dan 6 dengan menggunakan kuesioner diperoleh hasil 92,44%, functionality yang diuji oleh 2 ahli dalam bidang software engineering memperoleh hasil 100%, portability yang dilakukan pada smartphone android versi gingerbread sampai marshmellow diperoleh hasil 80%, dan pengujian efficiency menggunakan Testdroid mendapatkan hasil penggunaan CPU rata-rata 15% dan memory rata-rata 175 MB.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia.,
Collation
005
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2477-5126
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly