No image available for this title

Text

Pengukuran Kualitas Website E-learning pada Perguruan Tinggi di Kalimantan Utara dengan Webqual 4.0



Abstrak—Pandemi COVID-19 sangat berdampak dalam
pelaksanaan proses pendidikan di berbagai daerah di Indonesia,
tidak terkecuali pada provinsi termuda di Indonesia yaitu
Kalimantan Utara. Adanya COVID-19 membuat institusi
pendidikan di Kalimantan Utara harus mampu menyesuaikan
berbagai transformasi digital di bidang pendidikan, salah
satunya adalah melalui penggunaan media pembelajaran secara
daring (E-learning). Maraknya penggunaan media E-learning
saat ini harus didukung dengan adanya berbagai proses evaluasi,
diantaranya evaluasi terhadap kualitas dari media pembelajaran
tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui sejauh
mana kualitas E-learning dan untuk menjamin keberlanjutan
dari penggunaan media E-learning tersebut. Penelitian ini

bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas dari E-
learning di Era New Normal pada perguruan tinggi di

Kalimantan Utara. Pendekatan Webqual 4.0 digunakan untuk
mengukur kualitas dari media E-learning tersebut. Penelitian ini
menggunakan tiga dimensi dalam Webqual 4.0, meliputi
Information, Usability dan Service Interaction Quality. Hasilnya

dari 17 pernyataan yang mewakili tiga dimensi Webqual 4.0
tersebut didapatkan nilai akhir Webqual Index sebesar 0,80 yang
menunjukkan bahwa kualitas E-learning saat ini berada dalam
kategori sangat baik.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL SISFOKOM (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTER) : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2598-7305
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly