No image available for this title

Text

MEMANFAATKAN BIG DATA UNTUK MENDETEKSI EMOSI



Layanan sosial media merupakan penyedia sumber daya yang menyediakan data yang cukup besar. Data yang
cukup besar ini kemudian dapat dimanfaatkan dengan berbagai kebutuhan. Kebutuhan yang digunakan untuk
berbagai tujuan. Tujuan tersebut dapat berupa pengolahan data untuk memonitoring pengguna.
Dengan berkembangnya sosial media, akan tersimpan banyak data yang akan terus menerus bertambah. Setiap
pertambahan pengguna, bertambah pula lokasi data yang tersimpan. Apabila pengguna menikmati layanan dari
social media tersebut, ditambah jika layanan tersebut menambah benefit, maka semakin besar pula data yang
akan tersimpan pada server sosial media tersebut. Data yang berukuran raksasa ini dapat diproses dan
dimanfaatkan.
Paper ini akan menjelaskan tentang pemanfaatkan data yang tersimpan di microblogging twitter untuk
mendeteksi emosi melalui hastag. Dengan memanfaatkan hastag, akan dibuat dataset tersendiri. Menggunakan
algoritma Naïve Bayes dan Liblinear.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Komputika: Jurnal Sistem Komputer : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2252-9039
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly