No image available for this title

Text

Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Marked Based Tracking Berbasis Android



–Bangun Ruang merupakan salah satu dari bagian pelajaran matematika yang memiliki bentuk dan jenis
yang beragam. Dalam keberagaman bentuk tersebut, bangun ruang memiliki rumus luas dan volume sehingga dapat
diketahui jumlah sisi dan luas yang ada. Pada proses pembelajaran di sekolah, ditemukan adanya kesulitan yang
dialami siswa/i dalam memvisualisasikan bangun ruang ke dalam bentuk yang nyata. Fasilitas alat peraga bangun
ruang terbatas hanya dapat digunakan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat
aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality dimana siswa/i dimampukan untuk belajar dengan mudah
memanfaatkan smartphone berbasis Android dalam memvisualisasikan dan menghitung luas dan volume bangun
ruang. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi yaitu dengan Marked Based Tracking. Sementara
pengembangan aplikasi Augmented Reality menggunakan Vuforia SDK (Software Development Kit). Dari hasil
yang didapatkan, Augmented Reality Camera dapat memindai gambar di dalam pencahayaan yang sangat minim,
dapat memindai dan mengeluarkan objek 3D hingga kejauhan 50cm jarak dari kamera menuju image target, dan
dapat diimplementasikan dengan baik.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Komputika: Jurnal Sistem Komputer : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2252-9039
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly