No image available for this title

Text

Tutorial Praktikum Kalorimeter Berbasis Augmented Reality Dan Metode Mamdani



Proses pembelajaran harus dikemas dengan menarik agar peserta didik termotivasi untuk belajar. Maka
dari itu, diperlukan media interaktif yang menunjang proses pembelajaran didukung oleh alat-alat berupa media yang
menarik seperti teknologi Augmented Reality. Teknologi ini banyak digunakan untuk industri hiburan karena dapat
memberikan kesan nyata kepada penggunanya sehingga dapat membantu meningkatkan motivasi para peserta didik
dalam belajar. Pada topik ini, penelitian dikhususkan pada pembuatan Augmented Reality tentang tutorial praktikum
fisika dasar modul kalorimeter pada jurusan Sistem Komputer di Universitas Komputer Indonesia yang berbasis
Android. Aplikasi ini menyajikan pengenalan alat dan bahan praktikum serta langkah-langkah praktikum. Selain itu,
dapat melakukan pemrosesan data praktikum menggunakan metode fuzzy Mamdani karena dalam melakukan
pengukuran sering terjadi kesalahan yang mengakibatkan hasilnya tidak tepat sama dengan data kalor jenis zat
sehingga kesulitan dalam menentukannya. Hasil pengujian menunjukkan sebesar 76,25% mempermudah praktikan
untuk memahami suatu materi praktikum kalorimeter, dan 80% mempermudah pemrosesan data praktikum serta
diperoleh error data sebesar 0,0000005 menggunakan metode fuzzy mamdani sehingga dapat digunakan untuk
penentuan kalor jenis.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Komputika: Jurnal Sistem Komputer : Indonesia.,
Collation
12
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2252-9039
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly