No image available for this title

Text

Analisis Data Nilai Siswa Kelas 8 Berbasis Nilai Pengetahuan Untuk Menentukan Siswa Berprestasi dengan K-Means Clustering (Kasus SMP Negeri 4 Salatiga)



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data nilai siswa kelas 8 yang berprestasi di SMP Negeri 4 Salatiga menggunakan metode K-Means Clustering. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengidentifikasi pola kelompok siswa berdasarkan prestasi akademik siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai siswa kelas 8 dari SMP Negeri 4 Salatiga. Metode K-Means Clustering digunakan untuk membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan dalam prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 35 siswa yang memperoleh nilai tertinggi jika dipresentasikan maka hasil yang diperoleh yaitu 14,5%, sedangkan 35 siswa yang memperoleh nilai menengah jika dipresentasikan maka hasil yang diperoleh yaitu 14,5%, dan 172 siswa yang memperoleh nilai tertinggi jika dipresentasikan maka hasil yang diperoleh yaitu 71%, dengan nilai terendah dari total 242 siswa.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisis Data Nilai Siswa Kelas 8 Berbasis Nilai Pengetahuan Untuk Menentukan Siswa Berprestasi dengan K-Means Clustering (Kasus SMP Negeri 4 Salatiga)
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data nilai siswa kelas 8 yang berprestasi di SMP Negeri 4 Salatiga menggunakan metode K-Means Clustering. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengidentifikasi pola kelompok siswa berdasarkan prestasi akademik siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai siswa kelas 8 dari SMP Negeri 4 Salatiga. Metode K-Means Clustering digunakan untuk membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan dalam prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 35 siswa yang memperoleh nilai tertinggi jika dipresentasikan maka hasil yang diperoleh yaitu 14,5%, sedangkan 35 siswa yang memperoleh nilai menengah jika dipresentasikan maka hasil yang diperoleh yaitu 14,5%, dan 172 siswa yang memperoleh nilai tertinggi jika dipresentasikan maka hasil yang diperoleh yaitu 71%, dengan nilai terendah dari total 242 siswa.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly